GURU Go!BLOG

Seputar Pendidikan, Blogging, dan lain-lain

Bahasa Jawa Krama Inggil yang kacawo balawo

Posted by Pak Wandi pada 4 Februari 2011

Saat saya berada di depan kelas untuk menghajar anyak-anyak mapel Matematika, di sela-sela waktu yang ada saya sempat bertanya kepada salah satu anyak didik saya.

Saya : “Coba kamu mas Agus, apa basa krama inggile ‘BAPAK TURU AKU ADUS?'”

Agus : “BAPAK SARE KULA SIRAM, pak.”

Kontan saja saya dan teman-teman se kelas Agus terbahak-bahak-bahak-bahak hak haks haks haks haks mendengar jawaban lugu si Agus itu. 😆 😆 😆 😆 😆 😆

Sebagai orang Sukoharjos nyang agak tahu krama inggil, saya langsung membetulkan jawaban Agus, bahwa bahasa krama inggil nyang betul iaitu “BAPAK SARE KULA ADUS“. 🙄

Ternyata bahasa Jawa krama inggil anyak-anyak sekarang itu sungguh kacawo balawo ya?

Cat : Kepada bapak/ibu guru atawa anda nyang sudah punya anyak atawa belon punya anyak, coba deh tanyaken itu soal kepada mereka, dan apa jawaban mereka, saya yakin tidak jauh beda. Bapake turu anake malah nyirami 😆 Sungguh terlalu. 😆

7 Tanggapan to “Bahasa Jawa Krama Inggil yang kacawo balawo”

  1. Lha ini kan sudah pernah saya terima pak waktu SMP.

  2. Sugeng said

    Aku paling gak bisa berbahasa Jawa halus, karena memang dari kecil sudah hidup di lingkungan yang berbahasa Jawa Suroboyoan seperti di acara berita pojok kampung di JTV 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  3. mahameru said

    tanya pak wandi, sekarang bahasa jawa masih diajrakan di SMP nggak?

  4. best rc helicopter for beginners

    Bahasa Jawa Krama Inggil yang kacawo balawo « GURU Go!BLOG

Tinggalkan Balasan

 
