GURU Go!BLOG

Seputar Pendidikan, Blogging, dan lain-lain

Rincian biaya pendidikan di SMP-SMA Semesta Semarang

Posted by Pak Wandi pada 21 Februari 2011

Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang biaya pendidikan di SMP-SMA Semesta Semarang, khususnya untuk tahun pelajaran 2011/2012, di bawah ini saya informasikan rincian biaya pendidikan di SMP-SMA Semesta Semarang sebagai berikut:

Rincian Biaya Pendidikan SMP-SMA Semesta Semarang TA. 2011-2012
SMP/SMA BIAYA (Rp) KETERANGAN
Formulir pendaftaran 1.000.000 Dibayarkan pada saat pengambilan formulir
Uang pangkal
*)
Lihat tabel diskon *) –> di bawah ini
SPP 1.800.000 per bulan x 10 bulan
Asrama 7.500.000 per 6 bulan (sudah termasuk makan 3 x sehari dan laundry
Kegiatan Siswa 3.000.000 Dibayarkan saat daftar ulang
Buku 3.000.000 Dibayarkan saat daftar ulang
Seragam 1.200.000 Dibayarkan saat daftar ulang
Perlengkapan asrama 5.000.000 Dibayarkan saat daftar ulang
Uang Kesehatan 500.000 Dibayarkan saat daftar ulang

*) TABEL DISKON

UANG PANGKAL = Rp30.000.000,00

Bulan Daftar Ulang
DISKON
Nopember 2010 30%=Rp21.000.000,00
Desember 2010 30%=Rp21.000.000,00
Januari 2011 25%=Rp22.500.000,00
Pebruari 2011 20%=Rp24.000.000,00
Maret 2011 15%=Rp25.500.000,00
April 2011 10%=Rp27.000.000,00
Mei 2011 5%=Rp28.500.000,00
Juni 2011 0%=Rp30.000.000,00

CATATAN:

0. SMP-SMA Semesta Semarang billingual merupakan SBI, Sekola Bertaraf Internasional, jadi wajar jika tarifnya juga internasional. πŸ˜†

1. Gimana gan, murah kan? πŸ™„

2. Info ini saya dapatkan langsung dari selebaran kemarin saat saya mengantar anak kami ikut final KMP VII di SMP-SMA Semesta Semarang.

3. Info lebih lanjut, silakan menghubungi websitenya di sini.

4. Untuk saya, jelas nggak kuwat. Untuk anda, saya nggak tahu. πŸ™„

Iklan

63 Tanggapan to “Rincian biaya pendidikan di SMP-SMA Semesta Semarang”

  1. Pak Wandi said

    Gimana gan, ada nyang mau ndaftar?

  2. Kemahalen pak, kayaknya aku nggak kuat, mending buat kuliahnya besok aja.

  3. tapi kok penuh ya sekolahannya, padahal tempatnya jauuuuhnya….. πŸ˜€

  4. holichaxor said

    wah sekolah sekarang mahal mahal ya pak, gimana ya besok anak anaku ya…tambah muahal mesti y pak.klo ga salah tiap tahun pasti akan terus menerus naik.

  5. aziz kurniawan said

    SBI wajib tampung 20% siswa tak mampu

    Jakarta – Menteri Pendidikan Nasional M Nuh mengatakan arah kebijakan pengembangan setiap Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) wajib menampung minimal 20 persen peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan tanpa dibebani biaya apa pun.

    “Sebagai bangsa yang besar, Indonesia perlu memiliki kesetaraan di bidang pendidikan secara internasional dalam aspek kualitas, proses dan hasil pendidikannya. Namun, SBI wajib wajib menampung minimal 20 persen peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan tanpa dibebani biaya apa pun,” kata M Nuh dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi X DPR RI dengan Kemendiknas, di ruang rapat Komisi X, Gedung DPR, Senayan, Senin (21/3/2011).

    Rekruitmen siswanya sendiri, sambung M Nuh, harus berdasarkan kemampuan akademik, bukan berdasarkan kemampuan orangtua dalam membayar uang iuran. Selain itu, rekruitmen harus menggunakan nilai hasil Ujian Nasional sebagai salah satu syarat penerimaan.

    “Sekolah SBI juga harus menerapkan sistem manajemen yang berorientasi pada kualitas layanan akademik dan administratif. Tak lupa harus menerapkan asas-asas manajemen berbasis sekolah, yaitu efisien, efektif, partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel,” imbuhnya.

    Penerimaan siswa SBI harus berdasarkan kemampuan akademis yang dilihat dari 4 hal, yaitu terdiri tes minat dan bakat, tes tertulis IPA dan matematika, untuk SMK ditambah dengan tes kesehatan dan buta warna bagi SMK kimia dan terakhir berdasarkan nilai ujian nasional.

    “Sekolah harus mampu mempersiapkan siswa baik akademik maupun nonakademik yang berbasis pada pembentukan karakter,” ucap M Nuh.

  6. unyil said

    tu sekolah mahal amat ya. . . . ngeri ah . . . .

  7. ALLY said

    MENDING BUAT KULIAH SAJA…..HEHE
    BIAYANYA MENGERIKAN. πŸ™‚

  8. Umar said

    haduduh, anakq masih bayi sayangnya,
    ntar kalo anakq udah gede, berapa biayanya disitu???? jgn smape jual rumah dah,, repot juga nih kalo mahal

  9. rini rania said

    Mahal banget…Klo mau anak kita maju ternyata modalnya banyak banget. Hanya orangtua yg kaya raya yg bs sekolahin disana.

  10. Mohon info jalur beasiswanya, th.

  11. Shireena Azhilla said

    Sekolah ini adalah impianku. Tapi mending untuk nambahin kuliah kedokteran nanti..

  12. nabilah said

    murah beudd yah sekolahnya .. πŸ™‚

  13. wah pak kapan posting lagi neeh, udah lama ga kesini . salam sore

  14. Ary said

    Bisa dijelaskan keunggulannya untuk peserta didik.. klo lulus nanti apa hasilnya..?

  15. niken said

    aduhh kyaknya gag mngkin nih klu mau msuk ke sma itu.. Emang sih smanya kayaknya bgt.. Tp uangnya jga bagus. Hehehe.. .’ mang ada ya jlur beasiswa yg lbih sangat murah.???

  16. GSM Semarang said

    ono rego ono rupo

  17. murah mbah mu.. :/

    smpy segitu bayar nya…

    malas kku.m kada jdi.m aku sekolah stu

    kada jadi pindah.m

    bilangin k’kepala sekolah nya biayanya tuh kurang murah.. :/

  18. cawet mbundet said

    wah wah itu semua atau diganti pecahan genting aja ya… bisa mbayarnya abis itu orang tua nya pada lemah syawat ntar……….n trus modar……

  19. siableh bolonya unyil said

    Ayo para orangtua pada rame-rame korupsi buar uang nya melimpah….. trus dak perlu sholat minta aja disholati alias modar. trus apa pendidikan buat orang pas-pasan nggak ada ya…..

  20. muhammad andre said

    mahal kali sekolah nya….

  21. ingin sekolah disitu.. tp mahal bgt yaks biayanya?… πŸ˜₯
    hnya impian belaka…..

  22. sudah naik jadi:
    Formulir……………………………………..1,000,000
    Uang Pangkal……………………………36,000,000 (kalo tanpa diskon)
    SPP …………………………………………2,200,000
    Asrama ………………………………….9,000,000
    Kegiatan Siswa ……………………3,000,000
    Buku ………………………………….3,000,000
    Uang Kesehatan ………………………600,000
    Sewa Perlengkapan Asrama ……..5,000,000
    Seragam ………………………………….1,200,000

  23. Fedy Hakim said

    saya juga sekolah disini baru saja masuk tahun ini yang SMA,, untuk beasiswa ada tapi dari kalimantan timur,, nah untuk olimpiade beasiswa penuh seperti yang dijelaskan diatas,,,, selain itu biaya seperti biasa , sekolahnya bagus juga nyaman,,, terjamin juga kualitasnya,, disana udaranya juga segar diatas gunung..

  24. trinil said

    relative sih menurutku. kualitas na gimana, cuma bikin pinter aja ato bikin minat, bakat, kreatifitas, prestasi meningkat dengan budi pekerti tetap terjaga?

  25. fitri said

    wadychhhh luarang tenan……

  26. uji said

    Thanks info harganya bila ingin memasukkan anak di semesta Pak ,saya dikit ada informasi buat para pembaca ,Saya kebetulan ada kenalan yang anaknya sekolah di sana di jalur beasiswa dia cerita banyak dan saya ngambil kesimpulan sendiri ,intinya kasihan anak kita biarpun masuk disana dg jalur beasiswa dan itupun tetap bayar, 2 tahun yg lalu harus keluarin minimal 6 jutaan/semester,dia harus dapat memberi contoh dan harus membantu pada kawan kawannya baik saat di belajar maupun di asrama , kawan kawannya adalah anak anak yg emang super kaya, ibaratnya mereka cuci gelas saja kesulitan karena kebiasan punya pembantu di rumah dan apa apa tersedia dan tidak mandiri.silahkan kalau tega anaknya sekolahkan kesana emang tidak ada aturan dan perintah secara tertulis seperti itu tetapi kan realitas keadan akan seperti itu secara otomatis,,,tetepi tetep ada keuntungannya buat anak kita , baik link buat si anak ,karena temennya otomatis besarnya meneruskan usaha ortunya ,kualitas pendidikannya DLL,Tapi kalau ingat cerita nya jadi ndak tega saya biarpun anak saya pintar dan ingin sekolah di sana.tapi ini benar apa salah iya saya ndak njamin ,tapi kalau di logika siapa yang mampu sekolah di situ dia cerita begitu , kayaknya bisa di terima logikanya…

  27. Sangat rinci, walaupun cuma TAMAT sampai SMP.

  28. sebenernya seh pengen SMP situ ajah .. tapii ,, keadaan tidak memungkinkann .. 😦 😦

  29. inayatu robani said

    summmpah yaaaaaaa mahal ment to

  30. yuni said

    sekolah itu ada rupa ada harga. Kualitas bagus harga mahal. itu sesuatu hal yg wajar. Buat saya adalah memberikan anak yg terbaik yg kita bisa lakukan bukan harta tapi ilmu dan akhlak.

    Di sinilah tempatnya yg terbaik menurut keluarga kami dengan pertimbangan murah hasil pendidikan pun biasa-biasa saja dan lingkungan pergaulanpun mengkhawatirkan.. Di sekolah negeri pun kita harus les khan anak kesana kemari agar tidak tertinggal. tdk bisa berharap banyak dr hasil pendidikan di sekolahnya. kalo di hitung sama aja. Kalo kwalitas, jangan di tanya, semesta tempat mendidik anak menjadi anak cerdas, mandiri dan berakhlak baik. . ditanamkan kesopanan dan kesederhanaan serta pergaulan yang baik. Kita ortu dak perlu cemas menitipkannya disana. Pengawasan asrama untuk anak belajar dan kedisiplinan diberikan disana. Yang pasti dari segi bahasa inggris, sekolah negeri tertinggal jauh, ini modal untuk masa depan anak agar bisa bersaing dgn orang asing, bahasa inggris kebutuhan internasional. Kami udah merasakan perubahan yg terjadi dgn putri kami. cerdas dan beribadah.

    Beasiswa ada, untuk anak Olympiade, mereka tidak bayar satu sen pun. betul-betul diberikan untuk mereka yg cerdas. Semesta tidak asal_asalan dlm memberikan beasiswa, bukan karena perkoncoan,anak pejabat apalagi kata belece. bebas dr begituan.

    Gurunya pun selalu di evaluasi terhadap kinerja dan keberhasilan anak didik, Mereka siap di protest oleh ortu/anak didik dan langsung melakukan perbaikan. ini yg mungkin tidak akan ada di sekolah negeri yg anti di protest. Pdahal masukan anak didik dan ortu untuk mejuan dan keberhasilan sekolah itu sendiri.

  31. yuni said

    jangan percaya dengan cerita yg menyudutkan semesta, kalo anak pintar mentransfer ilmunya keteman-teman yang lain, bukankah itu diajarkan oleh agama. itu pelatihan rasa kebersamaan dan berbagi ilmu. sangat di anjurkan agama. Disana banyak hal pembelajaran akhlak yg kita sering tidak paham maksudnya. Kita ortu harus rajin menyakan dengan Abla/Ibu asrama, karena pemikiran anak tdk sama dengan maksud pendidikan sekolah berikan. tidak di wajibkan bagi anak beasiswa untuk mengajari teman atau adik kelas, itu salah besar. tapi rasa sympati mereka timbul sendiri untuk mengajari teman atw adik kelas agar menjadi pintar, itu yg sebenarnya diajarkan oleh sekolah.

    Memang siswa sebagian besar dr kalangan mampu, tapi disana anak-anak diajarkan u mandiri. pergaulan anak di semesta berbeda, mereka didik sederhana, HP hanya yg hitamputih tanpa kamera, tidak boleh bawa uang saku lebih dr 50.000, tidak boleh membawa elektronik yg mahal-mahal. bulan puasa mereka diajarkan buka bersama dan berkendaraan menggunakan angkot biasa. Semua itu diajarkan bagaiman hidup biasa dan sederhana yg mungkin siswa tidak pernah dapatkan selama ini.

    Untuk mengetahui semesta seperti apa, sebaiknya berdikusi dengan ortu yg menyekolahkan anaknya disana, dimana mereka aktif mengikuti perkembangan putra/putrinya di asrama. Karena pengalaman saya, banyak hal akhlak yg diberikan disana, sebagian siswa/siswi sulit menerimanya namun dari kacamat agama dan ortu, itu sangat baik. Kita ortu mau menjadikan anak cerdas , memiliki budi pekerti serta akhlak yg mulia. apa artinya cerdas kalau tidak dibarengi akhlak mulia. semua sia-sia.

    • Banyak sklh boarding yg spt itu, ada yg murah, sedeng, mahal dgn pengajaran spt itu. Bahkan tanpa music,tv dan hal2 lain spt buku2 bacaan novel dilarang keras, uang saku seminggu 50 rb. Tp balik lg ke anak tsb dan lingkungan rumah asalnya, krn toh anak tdk akan tinggal di boarding selama2nya. Sy punya anak 5 dan yg 3 lulusan boarding semacam ini, tp ttp sj tdk melalaikan tugas kami sbg ortu, klo kita mendidiknya baik in syaa Allah anak bs konsisten mskpn tdk 100% spt di boarding, ini jg tergantung lingkungan anak stlh keluar dr boarding utk melanjutkan kejenjang yg lbh tinggi, tp ada pula yg kembali ke habitat semula yg jauh dr pendidikan ketika di boarding. Jd intinya bgmna kita sbg ortu mendidik anak2 kita, sklh boarding hanya 30% lbh kurangnya yg ttp nempel di pikiran anak2 stlh lepas dr boarding dan tdk lupa lingkungan selanjutnya yg akan mempengaruhi.

  32. putry said

    uang 30jt cma buat nyekolahin 1 siswa??
    d skolahin ke aliyah slah satu d gunung pati bsa nyekolahin 30 anak…

    mahal bgt skolah..
    bsa2 jual rumah mertua itu…

  33. anhem said

    sekolahnya bagus tuh. temenku aja banyak yg masuk situ hehe

  34. syarofah said

    jika mendapat beasiswa harus membayar berapa?

  35. N Chusna said

    Thank Bu Yuni atas info yang meluruskan.
    Anak kami kebetulan juga dapat beasiswa di sekolah Pasiad yaitu KBS Yogyakarta. 2 Minggu yang lalu kami melihat ke sekolah tsb. dan mendapatkan penjelasan langsung dari humas sekolahan.
    InsyaAllah suasananya kondusif untuk pembinaan pembelajaran.

  36. masih Mending di TN πŸ˜€
    meskipun beda dikit

  37. Bambang G. said

    ono rego ono rupo

  38. Sumarno ( Cah SMANSA Sukoharjo ) said

    Terima kasih Pak Wandi sharing infonya. Itu sekolah kerjasama dengan PASIAD kayaknya, banyak gurunya hidung mancung. Aku kemaren survey sekolah sejenis ini di Bandung namanya Pribadi Bilingual Boarding School. Kayaknya di sekolah ini menawarkan wawasan dan atmosphere yang lebih baik. Insya Allah.

  39. alhambra said

    sumarno alay, cah smansa ya? ujarku cah buluhpayung. gurunya mancung? muridnya lordosis. sekolahnya bisa terbang gak? kalo bisa aku mau sekolah disitu dong :*

  40. waaachh mahal amat y…tapi sich gpp bagi yang minat kayaknya school ny bagus…terimakasih gan atas informasi nya…salam suksesssss…………….

  41. Tri Sulistyo said

    Kalo kita lihat dan bandingkan dengan sekolah2 boarding di kota2 besar ..biaya sebesar itu ‘wajar’ saja. Coba bandingkan dengan Nurul Fikri – Bandung, AlKahfi Bogor, As Syifa Subang, Al Bina – Bekasi, Taruna Nusantara – Magelang dll. Karena pendidikan adalah pilihan ..Anda mau di Negeri atau di Boarding ..monggo. .. Mahal atau tidak relatif terhadap keuangan masing2 orang tua. Barakallah.

  42. Saya membaca sekolah semesta sangat bagus….semuga anakku mau sekolah di tempat ini…

  43. Pengen kesitu Tapi Udah terlanjur School ke SMAN 1 Semarang

  44. zulhusni said

    Kalau biaya tahun 2016-2017 berapa ya?

  45. Alzah said

    Untuk tahun 2017/2018 biayanya berapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: